• Selamat Datang di Website Resmi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan Kabupaten Gianyar, Alamat : Jalan Kesatrian No. 16x, Gianyar - Bali - Indonesia
Baca Pengumuman

Kajian Toko Modern di Kabupaten Gianyar

Oleh : bappedagianyar | 14 Februari 2020 | Dibaca : 14 Pengunjung

Perdagangan merupakan jenis sektor usaha yang paling tua. Perdagangan mulai populer pada era merkantilisme. Perkembangan perdagangan yang dilakukan toko modern sudah memasukkan sistem manajemen, perhitungan keuangan yang profesional, sistem pemasaran modern, didukung oleh teknologi yang tinggi, serta rantai gudang dan kontribusi yang sangat canggih. Perkembangan toko modern telah menghasilkan raksasa besar dalam perdagangan di era modern, diantaranya giant, lotte mart, dan transmart,

Jumlah toko medern di Kabupaten Gianyar dibagi atas dua jenis yaitu toko modern yang memiliki IMB dan yang tidak memiliki IMB. Berdasarkan data tahun 2018 diketahui bahwa jumlah toko modern yang sudah memiliki IMB terdiri atas 122 yang terkonsentrasi di Kecamatan Ubud dan Sukawati. Kecamatan Ubud dan Kecamatan Sukawati memiliki jumlah toko modern yang memiliki ijin masing-masing sejumlah 45 dan 37 unit.

Kajian mengenai keberadaan toko modern berjejaring di Kabupaten Gianyar harus dilakukan karena kontribusi pedagang sangan besar dalam pembentukan PDRB di Kabupaten Gianyar. Ini berpotensi mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Gianyar apabila terjadi masalah tertentu yang dapat berdampak negatif terhadap pariwisata seperti gunung meletus atau hal lainya seperti perang.

Lokasi pendirian untuk toko modern baru baik toko modern berjejaring dan non-jaringan harus sesuai dengan RTRW dan RDTR Kabupaten Gianyar yang berlaku. Lokasi pendirian untuk toko modern yang baru mempertimbangkan keberadaan pasar tradisional dan warung tradisional. Jarak yang direkomendasikan adalah minimal diatas 0.002 kilo meter persegi (200 meter persegi atau 0.002 kilo meter persegi merupakan jangkauan pelayanan pertokoan berdasarkan SNI 03- 1733- 2004).

Perkembangan toko modern akan mengalami tekanan dimasa depan, belum tentu perkembangan toko modern dimasa depan akan berkembang lebih cepat daripada hari ini, mengingat faktor teknologi sangat menentukan mobilitas perdagangan karena berkembangnya aplikasi market place dan aplikasi gojek sebagai pengantar barang.

Unduh Lampiran


Oleh : bappedagianyar | 14 Februari 2020 | Dibaca : 14 Pengunjung


Pengumuman Lainnya :

Lihat Arsip pengumuman Lainnya :

 



 AGENDA KEGIATAN
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Bappeda Kabupaten Gianyar?
TWEET TERBARU
FACEBOOK FANS