• Selamat Datang di Website Resmi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan Kabupaten Gianyar, Alamat : Jalan Kesatrian No. 16x, Gianyar - Bali - Indonesia
Baca Berita

Sosialisasi Kabupaten/Kota Sehat

Oleh : bappeda | 25 November 2014 | Dibaca : 1081 Pengunjung

Kabupaten/Kota Sehat merupakan program unggulan yang menjadi agenda dua tahunan Departemen Kesehatan. Program ini mengakomodasi dan mengkoordinasikan berbagai program di tingkat kabupaten dan kota yang didukung oleh peran serta aktif masyarakat serta merupakan wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya dan berpartisipasi turut menentukan arah, prioritas, perencanaan pembangunan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat.

Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat diwujudkan dengan menyelenggarakan semua program yang menjadi permasalahan di daerah, secara bertahap dimulai dari kegiatan prioritas bagi masyarakat di kecamatan dan desa/kelurahan. Disamping itu kegiatan Kabupaten/Kota Sehat memposisikan masyarakat sebagai pelaku pembangunan dengan pembentukan forum setiap Kabupaten/Kota metetapkan kawasan potensial sebagai entry point yang dimulai dari kegiatan sederhana yang disepakati masyarakat. Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat lebih mengutamakan proses daripada target, yang berjalan terus-menerus dalam kurun waktu sesuai dengan kemampuan masyarakat dan stakeholder yang didukung pemerintah daerah.

Pelaksanaan Kabupaten/Kota Sehat diharapkan tercapainya kondisi kabupaten yang bersih dan sehat untuk dihuni dan bekerja bagi warga, sehingga dapat meningkatkan sarana dan produktifitas perekonomian masyarakat. Gerakan mewujudkan Kabupaten/Kota Sehat membutuhkan waktu cukup lama. Perubahan prilaku dan lingkungan masyarakat bukan pekerjaan mudah, diperlukan pula political will dan komitmen yang kuat dari setiap pihak untuk dapat menghasilkan kebijakan publik yang berwawasan kesehatan, serta memberikan pemahaman yang mendasar bagi semua sektor, pemerintah dan swasta, bahwa kesehatan tidak hanya bersifat sektoral, tapi kesehatan merupakan hak yang mendasar bagi setiap warga negara. Dengan terbentuknya Forum Masyarakat diharapkan mampu menjalin kerja sama antar masyarakat, pemerintah Kabupaten/Kota dan pihak swasta, serta dapat menampung aspirasi masyarakat dan kebijakan pemerintah secara seimbang dan berkelanjutan dalam mewujudkan sinergi pembangunan. Hal ini disampaikan oleh Sekda Kabupaten Gianyar pada acara pembukaan “Sosialisasi Kabupaten/Kota Sehat” selasa 25/11,  bertempat di Ruang Sidang I Kantor Bupati Gianyar yang dihadiri oleh sekitar 70 orang peserta dari SKPD, Camat dan Puskesmas se-Kabupaten Gianyar serta Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Gianyar.


Oleh : bappeda | 25 November 2014 | Dibaca : 1081 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



 AGENDA KEGIATAN
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Bappeda Kabupaten Gianyar?
TWEET TERBARU
FACEBOOK FANS