• Selamat Datang di Website Resmi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan Kabupaten Gianyar, Alamat : Jalan Kesatrian No. 16x, Gianyar - Bali - Indonesia
Baca Berita

Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (FORUM SKPD) Kabupaten Gianyar

Oleh : bappeda | 09 Maret 2015 | Dibaca : 1404 Pengunjung

Perencanaan Pembangunan Daerah merupakan suatu sistem yang terintegrasi antara pusat dan daerah, begitu juga antara dokumen perencanaan jangka panjang, menengah dan tahunan.

Menindaklanjuti amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah sebagaimana diatur lebih lanjut dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Taun 2010, menyebutkan bahwa dalam rangka penyempurnaan Rancangan Awal Rencana Kerja SKPD (Renja SKPD) perlu dilaksanakan ForumSKPD.

Perencanaan merupakan ujung tombak dari keberhasilan suatu tujuan pembangunan. Perencanaan yang baik akan menghasilkan output yang baik pula, begitu juga sebaliknya. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gianyar pada acara pembukaanForum SKPD Kabupaten Gianyar Senin 9/3, yang dilaksanakan selama 2 hari di Ruang Sidang I Kantor Bupati Gianyar.

Kepala Bappeda Kabupaten Gianyar sekaligus sebagai pelaksana kegiatan, dalam laporannya menyampaikan, Forum SKPD Kabupaten merupakan wahana antara pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan SKPD sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah. Forum SKPD Kabupaten membahas rancangan Renja SKPD Kabupaten, dengan menggunakan prioritas program dan kegiatan yang dihasilkan dari Musrenbang Kecamatan, sebagai bahan untuk menyempurnakan rancangan Renja SKPD Kabupaten yang difasilitasi oleh SKPD Kabupaten terkait. Pelaksanaan Forum SKPD Tahun ini mengusung Tema Pembangunan “Memantapkan Pelayanan Publik dengan Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik Melalui Sinergi Perencanaan Pembangunan Pusat Dan Daerah Menuju Gianyar Bagus”

Dalam pelaksanaan forum SKPD untuk lebih memperhatikan sinkronisasi antara dokumen yang ada, begitu juga antara program kegiatan hasil musrenbangcam dengan program kegiatan Renja SKPD, serta sinkronisasi program kegiatan antar SKPD sehingga tidak terjadi tumpang tindih yang berakibat pada inefisiensi.  Oleh karena itu sinergitas dan sinkronisasi antar dokumen sangat dibutuhkan sehingga tujuan dan sasaran pembangunan dapat terwujud dengan baik.


Oleh : bappeda | 09 Maret 2015 | Dibaca : 1404 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



 AGENDA KEGIATAN
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Bappeda Kabupaten Gianyar?
TWEET TERBARU
FACEBOOK FANS