• Selamat Datang di Website Resmi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan Kabupaten Gianyar, Alamat : Jalan Kesatrian No. 16x, Gianyar - Bali - Indonesia
Baca Berita

TERAPKAN E-PLANING, GIANYAR BANGUN STUDIO PERENCANAAN.

Oleh : bappedagianyar | 20 Februari 2018 | Dibaca : 267 Pengunjung

GIANYAR----Bupati Gianyar A.A.Gde Agung Bharata menjelang akhir masa baktinya tanggal 21 Pebruari 2018, menyempatkan diri meninjau “Studio Perencanaan Gianyar Satu Data” yang dibangun di Bapeda dan Litbang Kabupaten Gianyar, Selasa (20/2).

 

Disamping melakukan peninjauan, A.A.Gde Agung Bharata juga menetapkan penerapan sistem aplikasi perencanaan pembangunan daerah secara elektronik berbasis online atauE-Planning. secara bertahap mulai tahun 2018.

 

Bupati Gianyar A.A.Gde Agung Bharata mengatakan, penerapan E-Planning  dalam system perencanaan pembangunan daerah, merupakan komitmen dirinya bersama Tim Korsupgah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), BPKP Perwakilan Provinsi Bali dan BPS Kabupaten Gianyar, dalam rangka penyusunan perencanaan pembangunan daerah yang efektif, efisien dan akuntabel.

 

Lebih lanjut A.A.Gde Agung Bharata mengatakan, untuk mewujudkan perencanaan pembangunan daerah yang efektif, efisien dan akuntabel, diperlukan adanya “Studio Perencanaan Gianyar Satu Data” sebagai sistem pendukung keputusan (decision support system) untuk membantu proses penyusunan perencanaan pembangunan daerah secara sistematis.

 

Kepala Bapeda dan Litbang Kabupaten Gianyar Drs. Gede Widarma Suharta, MM mengatakan, penerapan E-Planning dalam system perencanaan pembangunan daerahditetapkan dengan Peraturan Bupati Gianyar Nomor 3 Tahun 2018, sebagai langkah penyelarasan perencanaan pembangunan daerah, mulai dari musrenbang desa, kecamatan, sampai musrenbang kabupaten, dan setiap tahapan proses perencanaan serta penetapan rencana program dan kegiatan tahunan, didokumentasikan secara elektronik, sedangkan Studio Perencanaan Gianyar Satu Data ditetapkan dengan Peraturan Bupati Gianyar Nomor 17 Tahun 2018, dirancang untuk mampu mengelola system penyediaan data dan informasi pembangunan daerah yang terpadu, cepat, tepat, akurat, dinamis, mudah diakses dan dapat dipertanggungjawabkan, serta menjadi rujukan bersama seluruh pemangku kepentingan sebagai dasar penyusunan perencanaan pemba    ngunan daerah. 

 

Lebih lanjut Drs. Gede Widarma Suharta, MM menjelaskan, System E-Planning dibangun Pemerintah Kabupaten Gianyar bekerjasama dengan BPKP Perwakilan Provinsi Bali, dan Studio Perencanaan Gianyar Satu Data dibangun bekerjasama dengan BPS Kabupaten Gianyar, diharapkan system ini sudah dapat dioperasikan secara bertahap mulai tahun 2018 sehingga  para pemangku kepentingan dan masyarakat Gianyar yang memerlukan data dan informasi tentang pembangunan Gianyar, dapat dilayani secara online atau dilayani secara langsung di Studio Perencanaan Gianyar Satu Data di Bapeda dan Litbang Kabupaten Gianyar.


Oleh : bappedagianyar | 20 Februari 2018 | Dibaca : 267 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



 AGENDA KEGIATAN
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Bappeda Kabupaten Gianyar?
TWEET TERBARU
FACEBOOK FANS