• Selamat Datang di Website Resmi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan Kabupaten Gianyar, Alamat : Jalan Kesatrian No. 16x, Gianyar - Bali - Indonesia
Baca Berita

Musrenbang RKPD Kabupaten Gianyar Tahun 2018

Oleh : bappedagianyar | 20 Maret 2017 | Dibaca : 268 Pengunjung

 

 

 

Puji Astuti dan rasa Angayubagia kami panjatkan kehadapan Ida Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa, karena atas Asung Ketha Wara NugrahaNya, kami dapat menyelesaikan pelaksanaan Forum Musrenbangda RKPD Tahun 2018. Forum ini dimaksudkan untuk menyusun Usulan Program dan Kegiatan Tahun Anggaran 2018 dan menuangkannya dalam Buku Rekap Hasil Musrenbangda RKPD Kabupaten Gianyar Tahun 2017. Buku Rekap Hasil Musrenbangda RKPD Kabupaten Gianyar Tahun 2017 dibuat sebagai bahan rujukan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Gianyar Tahun 2018.

Dengan Memperhatikan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008, setiap proses penyusunan dokumen rencana pembangunan memerlukan koordinasi antar instansi pemerintah dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan, melalui suatu forum yang disebut sebagai Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau Musrenbang.

Dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2018, yang berfungsi sebagai dokumen perencanaan tahunan, Pemerintah Daerah perlu menyelenggarakan Forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) secara bertahap dan berjenjang. Tahapan-tahapan ini telah diatur dan dimulai dari Musrenbang dari tingkat Desa/Kelurahan hingga pada tingkat nasional. Tahapan tersebut juga telah termasuk pelaksanaan Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (Forum SKPD). Dengan demikian  perencanaan pembangunan daerah ini telah disinergikan dengan berbagai hal dan merupakan satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan yang benar-benar telah memperhitungkan kebutuhan masyarakat.

Kegiatan Musrenbang Tingkat Desa/Kelurahan, Musrenbang Kecamatan telah dilaksanakan pada tanggal 8 Pebruari s/d 17 Pebruari 2017,  Forum SKPD dilaksanakan pada tanggal 28 Pebruari 2017 dan dilanjutkan dengan pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Gianyar Tahun 2017 pada tanggal 20 Maret 2017.

Tujuan pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2017 ini adalah untuk mendapatkan masukan dalam penyusunan Rancangan RKPD Tahun 2018 yang memuat prioritas pembangunan daerah, pagu indikatif pendanaan berdasarkan fungsi SKPD, rancangan alokasi dana desa termasuk dalam pemutahiran informasi mengenai kegiatan yang pendanaannya berasal dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi, APBN dan sumber pendanaan lainnya.

Peserta Musrenbang RKPD Tahun 2017 ini diikuti oleh:

1.      Anggota DPRD Kabupaten Gianyar

2.      Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah

3.      Bappeda Provinsi Bali

4.      Staf Ahli Bupati Gianyar

5.      Stakeholder

6.      Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Gianyar

7.      Para Camat se- Kabupaten Gianyar

8.      Kalangan Pakar / Akademisi / Kelompok Ahli

Musrenbang RKPD Kabupaten Gianyar Tahun 2018 diselenggarakan pada Hari Senin, tanggal 20 Maret 2017. Pembukaan dilaksanakan di Ruang Sidang I Kantor Bupati Gianyar. Untuk Sidang kelompok dilaksanakan di Ruang Sidang I Kantor Bupati Gianyar , Ruang Rapat Bappeda dan Litbang Kabupaten Gianyar, Ruang Rapat Inspektorat Kabupaten Gianyar.

Musrenbang RKPD Tahun 2017 ini dilaksanakan dalam bentuk Forum yang menyampaikan kebijakan dan konsultasi/diskusi dengan materi yang sesuai dengan tujuan penyelenggaraan. Secara teknis, Musrenbang RKPD ini terdiri dari Pembukaan dan Sidang-sidang Kelompok (3 Kelompok).


Oleh : bappedagianyar | 20 Maret 2017 | Dibaca : 268 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



 AGENDA KEGIATAN
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Bappeda Kabupaten Gianyar?
TWEET TERBARU
FACEBOOK FANS