• Selamat Datang di Website Resmi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan Kabupaten Gianyar, Alamat : Jalan Kesatrian No. 16x, Gianyar - Bali - Indonesia
Baca Pengumuman

Study Kelayakan Pembentukan Perusahaan Umum Daerah Pasar Pada Pemerintahan Kabupaten Gianyar

Oleh : bappedagianyar | 14 Februari 2020 | Dibaca : 2 Pengunjung

Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi tentu harus didukung oleh infrastruktur yang baik seperti keberdaaan pasar tradisional dan pasar modern yang baik. Pasar tradisional merupakan bagian terpenting dalam perekonomian khususnya untuk negara sedang berkembang seperti Indonesia. Namun Pemerintah Kabupaten Gianyar belum memiliki BUMD yang akan mengeloka pasar tradisional, sehingga Pemerintah Kabupaten Gianyar memiliki perhatian sangat tinggi terhadap pasar tradisional. Sebuah studi kelayakan menjadi sangat urgent karena studi kelayakan akan memberikan rekomendasi apakah sebuah investasi atau bisnis layak untuk dilakukan serta dioprasikan agar dapat memberikan social benfit dan eksternalitas positif terhadap masyarakat.

Berdasarkan hasil penelitian hal-hal yang perlu dibahas antara lain analisis aspek teknis dan teknologi, analisi lokasi dan lay out kantor, kesiapan teknologi, jaringan pasar, kondisi dan permasalahan saat ini. Seperti contoh kasus yang terjadi di Pasar Umum Sukawati yang memperoleh retribusi bulanan sebesar Rp. 56.389.000, namun harus membayar biaya gaji pegawai sebesar 164.910.400 tiap bulannya (atau sebesar 292,45 persen lebih besar dari pendapatan). Tren  ini  terjadi  pada  seluruh  pasar  yang  ada  di lingkungan Kabupaten Gianyar, dan jika inefisiensi kompensasi ini terus terjadi maka akan memberikan beban yang sangat berat bagi keuangan Kabupaten Gianyar.

Oleh sebab itu pendirian perusahaan umum daerah pasar di Kabupaten Gianyar layak dilakukan karena pasar umum belum memiliki infrastruktur dan manajemen dengan Standar Nasional Indonesia dan masih banyak kebutuhan pedagang yang wajib dipenuhi. Selain itu pembentukan perusahaan daerah dapat memberikan pengelolaan yang lebih efesien dan efektif dibandingkan mengelola tanpa menggunakan perusahaan daerah. Sehingga berdasarkan perhitungan  analisa  keuangan  maka pembentukan pasar layak dilakukan dengan asumsi dan teori keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademik. Dengan selalu mengacu pada prinsip partisipatif, transparansi, akuntabel, berkeadilan, berkesetaraan, berspektif gender, dan ramah lingkungan. Perumda wajib mengendalikan biaya gaji untuk  memaksimalkan  laba  perusahaan.

Unduh Lampiran


Oleh : bappedagianyar | 14 Februari 2020 | Dibaca : 2 Pengunjung


Pengumuman Lainnya :

Lihat Arsip pengumuman Lainnya :

 



 AGENDA KEGIATAN
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Bappeda Kabupaten Gianyar?
TWEET TERBARU
FACEBOOK FANS