• Selamat Datang di Website Resmi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan Kabupaten Gianyar, Alamat : Jalan Kesatrian No. 16x, Gianyar - Bali - Indonesia
Baca Pengumuman

SURVEY OPINI PUBLIK TENTANG KINERJA PEMERINTAH KABUPATEN GIANYAR

Oleh : bappedagianyar | 14 Februari 2020 | Dibaca : 2 Pengunjung

Pelayanan publik oleh aparatur negara saat ini telah menajdi isu strategis, karena tingkat kualitas kinerja pelayanan public akan menentukan baik buruknya pelayanan kepada masyarakat dan pada gilirannya akan menentukan citra dari aparatur negara. Tidak dapat dipungkiri bahwa pelayanan public yang selama ini dilakukan oleh pemerintah Daerah belum sepenuhnya dapat memenuhi harapan public yang cenderung mengharapkan pelayanan prima dari berbagi aspek.

Sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik pasal 2 ayat (1) mewajibkan Penyelenggaraan pelayanan publik melakukan Survei Kepuasan Masyarakat secara berkala minimal 1 (satu) kali setahun, untuk dapat mengidentifikasi sejauh mana kinerja pelayanan publik satu lembaga yaitu dengan survey yang dapat memotret secara rill kinerja pelayanan public dari lemabaga tersebut.

Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengumpulan data sekunder melalui penelusuran kepustakaan dan data yang tersedia melalui media online. Dan pengumpulan data primer langsung dikumpulkan dari masyarakat Kabupaten Gianyar yang terpilih sebagai responden. Kategori penilaian dalam kegiatan ini menngunakan metode skala likert yang dibagi menjadi lima bagian yaitu (sugiyono,1011:132):Sangat setuju (SS) diberi skor 5, Setuju (S) diberi skor4,Netral (N)diberi skor 3, Tidak Setuju (TS) diberi skor 2, sangat Tidak  Setuju (STS) diberi skor 1.

Berdasarkan hasil pengumpulan data, menunujukkan pada rentan usia 36-45 tahun menjadi retan usia yang terbanyak sebagai responden yaitu sekitar 30,2%. Sedangkan rentan usia terendah yaitu pada usia diatas 66 tahun yaitu sekitar 5,5%. Presentase responden tersebut telah mampu mewakili pemikiran lintas generasi sehingga jawaban setiap responden mampu memberikan keberagaman pandangan. Berdasarkan hasil analisa data yang telah dilakukan opini publik Gianyar terhadap kinerja pemerintah Gianyar tergolong baik dengan presentase 82,8 persen. Hal tersebut juga sejalan terhadap penilaian Bupati dan Wakil Bupati Gianyar saat ini dari aspek kinerja dengan mayoritas responden menyatakan baik. Permasalahan infrastruktur terutama jalan menjadi sorotan dalam opini publik Gianyar. Permasalahan jalan menurut opini publik perlu segera diselesaikan karena jalan merupakan salah satu infrastruktur penting dalam mempermudah dan meningkatkan aksesibilitas masyarakat. Kinerja program-program dalam pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) belum tersosialisasikan dengan baik karena masih banyak responden yang menyatakan tidak mengetahui akan program-program dari kegiatan PKK.

Unduh Lampiran


Oleh : bappedagianyar | 14 Februari 2020 | Dibaca : 2 Pengunjung


Pengumuman Lainnya :

Lihat Arsip pengumuman Lainnya :

 



 AGENDA KEGIATAN
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Bappeda Kabupaten Gianyar?
TWEET TERBARU
FACEBOOK FANS